5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Agar Tidak Menyesal

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Agar Tidak Menyesal

Konten [Tutup]

    EDISIKINI.com - Setelah tamat SMA dan akan masuk ke perguruan tinggi biasanya anda akan mengalami kebingungan dalam menentukan jurusan kuliah. Sehingga diantara kita banyak yang salah memilih jurusan yang mungkin karena adanya dorongan orang tua, mengikuti teman atau bahkan hanya sekedar bergaya saja. 
    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Agar Tidak Menyesal

    Memilih jurusan merupakan salah satu keputusan yang akan menentukan masa depan kita nanti, jika memilih jurusan tidak sesuai dengan minat dan bakat yang tidak sesuai dengan diri kita, itu akan sangat berpengaruh dalam proses belajar.

    Supaya tidak salah dalam memilih jurusan kuliah, anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. Sebelumnya, kamu bisa membaca terlebih dahulu mengenai UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

    1. Kemampuan dan Minat

    Tidak dipungkiri bahwa ini merupakan poin pertama yang harus kamu perhatikan. Kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi minat dan kemampuan kamu. Dengan demikian, kamu akan senang menjalani masa-masa perkuliahan kamu. 

    Sekalipun dihadapkan pada kesulitan, kamu tetap enjoy dan merasa bahagia. Tidak perlu risau soal prestasi ataupun IPK. Rasa cinta terhadap jurusanmu akan membuat prestasimu semakin cemerlang, percayalah. 

    Banyak mahasiswa yang merasa tertekan lalu stres saat kuliah karena mereka dahulu memilih jurusan bukan berdasarkan minat atau kemampuannya. Justru sebagian besar mahasiswa mengambil jurusan atas dasar gengsi atau tuntutan orang tua. Hey, bukankah sukses tidak tergantung jurusan kuliah? Utamakan minatmu daripada gengsimu.

    2. Komitmen

    Setelah kamu merasa yakin dengan jurusan yang kamu pilih, kini saatnya kamu berkomitmen. Kuliah bukanlah proses yang singkat dan sekejap selesai dalam hitungan bulan. Untuk bisa mendapatkan gelar sarjana, perlu pengorbanan yang panjang setidaknya 4 tahun. 

    Dalam waktu yang selama itu, apakah kamu rela bersabar dan menikmati setiap prosesnya? Komitmen untuk kuliah dan menyelesaikannya sangat penting agar kuliahmu tidak berhenti di tengah jalan.

    3. Biaya

    Biaya juga perlu kamu perhitungkan. Sejauh mana kemampuan ekonomi keluargamu turut menentukan jurusan apa yang sebaiknya kamu pilih. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengikuti gengsi hingga kamu merasa kesulitan membayar uang kuliah. 

    Kamu harus banyak mencari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing jurusan. Jika dirasa jurusan yang menjadi pilihan pertamamu terlalu mahal, mungkin sudah saatnya kamu memperhitungkan jurusan yang menjadi pilihan keduamu.

    4. Waktu

    Setiap jurusan memiliki rentang waktu yang berbeda. Misalnya saja yang paling lama adalah kedokteran. Kuliah di kedokteran setidaknya membutuhkan waktu 5 tahun atau lebih. 

    Sebelum memutuskan mengambil jurusan apa, kamu harus mempertimbangkan waktu menyelesaikan studi. Kamu sebaiknya memilih jurusan yang rentang waktunya sesuai dengan perencanaan karir atau rencana untuk menikah. Kalau mengambil jurusan yang butuh waktu lama, kamu harus rela menunda rencana-rencana tersebut.

    5. Pilihan Alternatif

    Jangan hanya terpaku pada satu jurusan, galilah minatmu lebih dalam lagi. Selain jurusan yang paling kamu minati, adakah jurusan lain yang kamu sukai? Pilihan alternatif ini penting supaya kamu tidak merasa sedih saat ditolak oleh jurusan yang menjadi prioritasmu. Kalau kamu hanya menyukai satu jurusan saja dan ternyata ditolak, mau tidak mau mesti dicoba lagi tahun depan.

    Itulah 5 hal dalam memilih jurusan kuliah yang mesti anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat.

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel