8+ Tempat Wisata di Baubau yang Paling Menarik Dikunjungi

Daftar Isi [Tutup]

    EDISIKINI.com - Pengin pergi berlibur ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara? Kamu harus baca terlebih dahulu mengenai rekomendasi tempat wisata terbaik dan terbaru di Kota Baubau di Sulawesi Tenggara ini yang sedang hits dan instragamable. Cocok untuk ber-selfie ria, baca di bawah ini!
    Tempat Wisata di Kota Baubau yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan
    Wisata di Kota Baubau, image via travelingyuk.com
    Sebelum mengetahui destinasi wisata terbaik yang terdapat di Kota Baubau. Apakah kamu sudah tau di mana sih kota ini berada? Jadi, Kota Baubau merupakan suatu kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Kota ini mendapatkan status kota pada 21 Juni 2001 menurut UU Nomor. 13 Tahun 2001.

    Kota Baubau memiliki daerah daratan seluas 221,00 km², luas laut menggapai 30 km² yang merupakan kawasan potensial buat pengembangan fasilitas serta prasarana transportasi laut. Kota ini juga mempunyai permukaan yang bergunung, bergelombang serta berbukit-bukit. Di antara gunung serta bukit- bukit terbentang dataran yang daerah- daerah potensial buat meningkatkan zona pertanian.

    Nah, penasaran apa aja sih destinasi atau tempat wisata yang hits dan paling menarik dikunjungi di Kota Baubau, Sulteng ini? Tanpa basa-basi lagi, yuk lihat selengkapnya Tempat Wisata di Kota Baubau Terbaik yang Wajib di Kunjungi.

    1. WISATA SEJARAH BENTENG KERATON BUTON

    WISATA SEJARAH: BENTENG KERATON BUTON
    IG @sikumis_12
    Tempat wisata pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu ketika berkunjungi ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara adalah Benteng Keraton Buton. Tempat wisata hits ini kami rekomendasikan karena di sini kamu tak hanya bisa melihat pemandangan yang indah namun juga bisa sekalian belajar sejarah.

    Benteng ini dibangun oleh Sultan Buton III yang bernama La Sangaji yang memiliki gelar Sultan Kaimuddin (1591- 1596). Benteng Keraton Buton ini memiliki luas kurang lebih 23,375 hektar, dengan begitu membuat benteng ini mendapatkan penghargaan dari MURI atau Museum Rekor Indonesia dan Guiness Book Record pada bulan september tahun 2006 lalu sebagai benteng terluas di dunia

    Tempat wisata di Kota Baubau ini wajib kamu kunjungi karena tempatnya sangat menarik. Benteng ini memiliki bentuk yang sangat unik terbuat dari batu kapur. Dulunya benteng ini merupakan tempat untuk pertahanan, namun sekarang telah menjadi destinasi wisata terbaik untuk belajar mengenai sejarah Kesultanan Buton.

    Tempat wisata ini terletak di Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi tenggara.

    2. WISATA ALAM HUTAN PINUS GONDA KOTA BAUBAU

    HUTAN PINUS GONDA KOTA BAUBAU
    Hutan Pinus Sorawolio via baubapost.com
    Pilihan destinasi wisata selanjutnya di Kota Baubau adalah Hutan Pinus Gonda. Tempat wisata ini menarik banget dikunjungi dan juga instagramable. Ketika masuk ke sini, kamu akan ditawarkan dengan pemadangan alam puncak yang dibalut rerimbunan tumbuhan pinus yang berjejer indah. Ditambah dengan hawa sejuk yang bisa memanjakan wisatawan.

    Wisata Hutan Pinus Gonda yang terletak di puncak ini menyuguhkan keindahan dan kesejukan alam yang asri ditemani kicauan-kicauan burung. Di sini kamu bisa memanfaatkan destinasi wisata ini sebagai tempat berswafoto ataupun berkemah. Menarik banget, kan?

    Tempat wisata ini terletak di Kelurahan Gonda Baru, Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara

    3. TEMPAT WISATA AIR TERJUN KANTONGARA

    WISATA KOTA BAUBAU, AIR TERJUN KANTONGARA
    IG @naim1218
    Tempat wisata ketiga yang wajib kamu kunjungi jika berada di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara adalah Air Terjun Katongara. Destinasi wisata ini wajib kamu kunjungi karena tempatnya yang masih alami dan udaranya sangat sejuk.

    Berdasarkan penuturan masyarakat sekitar, Air Terjun Samparona sudah jadi salah satu ikon wisata yang populer dari wilayah tersebut sejak dul. Tak heran, kalau kamu pergi ke sini, apalagi akhir pekan atau hari libur pasti rame banget.

    Air Terjun Samparona, mempunyai tinggi kurang lebih 50 m, dengan 3 mata air terjun yang mengalir di sisi kiri serta kanan tebing membuat semakin indahnya pemandangan air terjun ini. Di dasar tebing air terjun, terdapat kolam kecil yang dapat digunakan oleh wisatawan-wisatawan buat mandi- mandi di dasar derasnya air terjun.

    Posisi air terjun Samparona diapit oleh gunung pada sisi kiri serta kanannya. Ditambah dengan hutannya yang masih alami serta ditemani oleh kicauan-kicauan burung yang membuat kesunyian di tengah hutan menghilang, membuat siapapun yang mengunjunginya merasa dimanjakan. Menarik banget kan?

    Tempat wisata ini terletak di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

    4. WISATA AIR TERJUN LAGUNA LAGAGUNA (KOGUNA)

    AIR TERJUN LAGUNA LAGAGUNA (KOGUNA
    Image via IG @gme_jasman
    Masih berhubungan dengan wisata alam, selanjutnya adalah tempat wisata Air terjun Laguna Lagaguna (KOGUNA) yang merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di Indonesia. Air terjun Laguna Lagaguna ini berada di tengah-tengah hutan pinus yang rimbun serta menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

    Yang membuat wisata air terjun Laguna Lagaguna ini menjadi menarik adalah batuan yang tersusun membentuk undakan, sehingga terlihat sangat indah. Sehingga membuat destinasi wisata ini sangatlah cocok untuk kamu yang suka berfoto ria, dan membuat feed instagram kamu semakin menarik.

    Buat yang penasaran, kamu bisa berkunjung ke wisata ini yang terletak di Kelurahan Liabuku, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.


    5. DESTINASI PUNCAK TEBING KOLAGANA

    DESTINASI PUNCAK TEBING KOLAGANA
    Puncak Tebing Kolagana via Tribunnews.com
    Destinasi wisata selanjutnya yang aku rekomendasikan ke kalian jika berkunjung ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara adalah tempat wisata Puncak Tebing Kolagana.

    Wisata yang berada di Desa Palabusa, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara ini kerap kali disebut-sebut mirip dengan destinasi wisata Raja Ampat yang ada di Papua.

    Dari puncak tebing Kolagana ini kita bisa melihat hamparan pasir putih, gugusan-gugusan pulau kecil dan besar, dan birunya laut yang sangat memanjakan mata.  Pemandangannya nan indah dapat membuat siapa saja yang memandangnya akan merasa nyaman. Bagi kamu yang suka selfie-selfie tempat ini sangat recommended!

    6. WISATA ALAM AIR TERJUN TIRTA RIMBA

    WISATA ALAM AIR TERJUN TIRTA RIMBA
    Air Terjun Tirta Rimba via @irvanrosdiana
    Airt Terjun Tirta Rimba adalah salah satu destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi jika berada di Kota Baubau. Walaupun tempatnya bisa dibilang tersembunyi, namun tempat wisata kali ini harus kamu kunjungi karena memiliki hamparan alam dan air terjunnya yang berbeda di kota lainnya di Indonesia.

    Selain memiliki tampilan yang indah, tempat wisata ini juga menarik untuk dikunjungi karena punya aliran air yang nggak terlalu deras sehingga memudahkan kamu duduk di bawah sambil menikmati kucuran air.

    Buat kamu yang penasaran dan pengin berkunjung, wisata Air Terjun Tirta Rimba ini terletak di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

    7. DESTINASI WISATA BAHARI GOA MOKO NIRWANA

    Goa Moko Nirwana via @gme_jasman
    Destinasi selanjutnya ini sepertinya sangat cocok untuk kamu yang senang berenang. Tempat wisatanya adalah Goa Moko Nirwana yang berlokasikan di Kelurahan Sulaa (Topa), Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

    Goa ini memiliki kedalaman 20 meter, yang mana ketika kamu menyelam ke dalam dasar air kamu akan melihat peninggalan-peninggalan masa lalu seperti keramik china, guci, bahkan sampai tengkorak manusia, ngeri!

    Dan yang paling menyenangkan ketika menyelam di sini adalah saat cahaya matahari masuk di dalam air yang membentuk garis-garis yang indah. Wow!

    8. BONUS: WISATA TAMAN BUNGA YURANATA

    WISATA TAMAN BUNGA YURANATA
    Wisata Taman Bunga Yuranata via @narjanozil94
    Nah, kalau yang ini bonus nih yaitu wisata Taman Bunga Yuranata atau yang lebih dikenal dengan Yuranata Garden. Tempat wisata ini terletak di Dusun Tampuna, Desa Wanajati, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

    Yuranata Garden berada sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Baubau, tempat ini bisa kita tempuh kurang lebih 30 menit, entah itu menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

    Walaupun masih baru dibuka pada tanggal 27 Mei 2019 kemarin, tempat wisata ini tetap ramai pengunjung. Bunga-bunga yang indah dengan warna yang cerah sangat bagus dijadikan untuk tempat berswafoto.

    Akhir kata

    Nah, terima kasih buat kamu yang udah mau meluangkan waktunya untuk membaca mengenai tempat wisata di Baubau ini, semoga apa yang kami tulis di atas bisa berguna terutama bagi kamu yang ingin berkunjung ke Sultra atau Sulawesi Tenggara. Terima kasih!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel